Motor Injeksi Di Gas Langsung Mati ??? Nih Bro Penyebabnya
Motor Injeksi Di Gas Langsung Mati ??? Nih Bro Penyebabnya
Penyebabnya Motor Injeksi Di Gas Langsung Mati - Masalah pada motor injeksi untuk sekarang-sekarang ini memang kerap semakin banyak menghampiri, entah itu pada masalah motor injeksi brebet, susah hidup maupun pada masalah motor injeksi di gas langsung mati.
Sebenarnya pada masalah tersebut penyebabnya ialah sederhana, dimana kalau bukan karena faktor perawatan ya karena faktor usia kendaraan.πππ€ Biar ga tegang bro.
Ok bro langsung saja kita bahas, jika motor injeksi kalian mengalami masalah tersebut komponen-komponen yang pertama kali harus di perhatikan adalah sebagai berikut : kita mulai dari yang paling sederhana bro.
Komponen-komponen Penyebabnya
1. Busi
Busi adalah komponen yang akan menghasilkan percikan bunga api di dalam ruang bakar sebagai langkah awal proses pembakaran. Dimana ntuk menghasilkan pembakaran yang sempura membutuhkan percikan bunga api yang baik dan stabil.
Maka dari itu jika busi mengalami kerusakan/mati atau terlalu banyak kerak yang menempel, maka proses pembakaran pun akan tidak sempuna.
2. Saringan Udara (Filter Udara)
Filter udara adalah komponen yang befungsi untuk mencegah terjadinya udara kotor yang masuk kedalam throtle body. Dalam kata lain udara yang masuk ke throtle body akan disaring terlebih dulu untuk memastikan udara yang akan masuk benar-benar bersih dan segar.
Mak jika filter udara terlalu menyimpan banyak debu dan kotoran hal itu juga akan mengakibatkan suatu kinerja yang kurang maksimal pada mesin.
3. Throtle Body
Fungsi utama Throtle Body adalah sebagai jalur utama masuknya udara segar yang sebelumnya sudah di saring oleh filter udara. Jika pada komponen ini terlalu banyak kotoran yang menempel otomatis asupan udara yang akan di campurkan dengan bahan bakar tidak akan stabil dan kinerja mesin pun akan kurang maksimal.
4. Fuelpum
Fuelpum adalah alat utama yang mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dengan cara memompakan nya, namun selain itu fuelpum juga berfungsi untuk memberikan tekanan pada injektor ,sehingga injektor akan mampu menyemburkan bahan bakar ke ruang bakar.
Jika fuelpum ini rusak atau tekanan yang di milikinya sudah melemah otomatis bahan bakar yang akan di semburkan oleh injektor keruang bakar pun tidak akan maksimal/ sedikit. Sehingga terjadilah kinerja mesin yang tidak maksimal yang akan menyebabkan motor injeksi brebet, susah hidup dan motor injeksi di gas langsung mati.
5. Filter Fuelpum (Pempers)
Filter Fuelpum (Pempers) adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring bahan bakar yang akan di pompa kan oleh fuelpum ke injektor, atau dalam kata lain bahan bakar yang akan di pompa kan menuju injektor terlebih dulu akan dilakukan penyaringan oleh pempers tersebut.
Maka jika pempers ini terlalu banyak menyimpan kotoran akan mengakibatkan suplai bahan bakar tidak stabil (tersumbat).
6. Injektor
Seperti yang sudah di jelaskan tadi injektor adalah komponen yang berfungsi untuk menyemburkan bahan bakar keruang bakar. Sehingga jika pada komponen ini mengalami kerusakan atau tersumbat maka bahan bakar pun tidak akan di semburkan dengan baik ke ruang bakar. Komponen ini pun bisa menjadi salah satu dari masalah tersebut.
7. Sensor TPS
Sensor TPS adalah komponen yang mengatur atau mendeteksi bukaan pada katup throtle, yang dimana besar atau kecilnya sudut bukaan yang terdeteksi oleh sensor TPS akan diberikan pada ECU sebagai data input untuk memaksimalkan suatu kinerja pada mesin.
Maka jika komponen ini rusak tidak usah di hiraukan lagi motor injeksi pasti akan mengalami masalah-masalah tersebut, entah itu brebet, susah hidup dan motor injeksi di gas langsung mati.
Nah sobat bro, itulah ke 7 komponen yang bisa menyebabkan terjadinya pada masalah-masalah tersebut. Namun jika semua komponen tersebut sudah di lakukan pengecekan / dibersihkan motor masih saja mengalami masalah tersebut, maka perhatikan juga pada bagian satu ini.
Apa bagian itu bro ???
8. Top Kompresi
Top kompresi adalah sebutan lain dari kata bagus kompresi ππππ€
Baca juga : Penyebab Dan Solusi Kopling Motor Berbunyi Kasar
Top kompresi adalah dimana pada saat piston Berada di TMA dan kedua klep dalam keadaan posisi tertutup. Top kompresi juga berfungsi untuk mengatur waktu suatu proses pembakaran dalam mesin, dalam kata lain saat percikan bunga api terjadi pada ruang bakar maka piston harus berada dalam posisi TMA dan dalam langkah kompresi.
Maka jika terlalu cepat atau terlalu lambat ( top kompresi bergeser) hal itu juga akan mengakibat kan masalah tersebut pada motor injeksi.
Nah bro itulah penjelasan dan komponen pada pembahasan kita kali ini mengenai "Motor Injeksi Di Gas Langsung Mati ??? Nih Bro Penyebabnya" semoga dengan adanya ulasan ini kalian para bro bro tidak bosan untuk mengunjungi blog yang serba ke kurangan ini. Terimakasih
"Salam Motodrif"
0 Response to "Motor Injeksi Di Gas Langsung Mati ??? Nih Bro Penyebabnya"
Post a Comment