Penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara Selain Kelebihan Oli
Penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara Selain Kelebihan Oli
![https://motodrif.blogspot.com/2019/12/penyebab-oli-mesin-naik-ke-filter-udara.html](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPfiXrY1uckSDZY5dJE41g-kIJz8RnhcltiRpOf_VUTfSHafj9KGlS298hKOyTeaWv2jdTTVFdvmduAA6XCeAXhehuDny-mFKPBuSGP6mGo1Din_PrE95jFKnYiDvB_u2ln3WmLTAuH1hK/s640/AddText_12-12-05.47.28.jpg)
Penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara - Hai sobat moto, kalian sudah pernah/bahkan sering mendengar soal masalah oli mesin yang naik ke filter udara bukan ??? Yah, tentu saja hal itu akan membuat kita merasa heran kebingungan dan bertanya-tanya mengapa hal itu bisa terjadi.
Terlebih lagi pada masalah tersebut bisa membuat kendaraan kita akan menjadi tidak bertenaga alias mengok (mengap) pada saat di kendarai. Nah sobat maka dari itu pada kesempatan kali ini motodrip akan membahas mengenai hal itu, maka untuk mengetahui ulasan selengkapnya silahkan simak di bawah ini :
Penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara
Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan orang menganggap masalah itu bisa terjadi karena oli yang di masukan pada mesin terlalu banyak atau lebih tepatnya jumlah volume oli pada mesin tidak sesuai dengan kapasitas mesin (kelebihan). Sehingga mesin pun menyesuaikannya secara otomatis dengan cara membuang oli tersebut ke filter udara melewati selang hawa/ amblas.
Namun, hal itu akan jarang terjadi atau bahkan tidak akan terjadi, karena kita sebagai pengguna sekaligus pemilik kendaraan motor tersebut pastinya tidak akan memberi oli yang berlebihan terhadap mesin motor kita sendiri, karena itu juga termasuk pada bagian cara merawat motor. Tentunya kita ingin motor kita aman dan lebih awet bukan? Nah, jadi hal itu akan jarang terjadi.
Tapi motor saya masih seperti itu om, yang padahal oli mesin sesuai dengan kapasitas mesin, yaitu 800 mm ??? Lantas apa penyebab oli mesin naik ke filter udara yang sebenarnya ???
Seperti yang sudah kita ketahui tadi bahwa kelebihan oli memang bisa menjadi hal yang paling mudah di tebak oleh semua orang pada penyebab masalah tersebut.
Akan tetapi jika pada motor kalian masih mengalami masalah tersebut jika memang oli mesin sudah sesuai demgan standar yang di butuhkan okeh mesin. Maka penyebab lain yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut :
1• Kotoran Didalam Mesin
Nah, sobat penyebab lain pada masalah tersebut selain dari kelebihan oli, juga dapat di sebabkan karena terlalu banyak kotoran yang mengendap di dalam mesin, dimana hal ini dapat di sebabkan karena pada saat melakukan penggantian oli terlalu lama, sehingga oli mengental dan menempel/mengerak pada bagian sela-sela mesin/kerengkes.
Memang sih hal ini terlihat sedikit tida masuk akal, namun idealnya seperti ini : Saat oli mesin melakukan penggantian dan pada saat oli lama di turunkan/di buang kotoran tidak akan ikut turun/terbuang, hal itu di sebabkan karena kotoran sudah berubah menjadi kerak dan mengental seperti yang tadi di sebutkan.
Oleh sebab itu pada saat oli baru di masukan lalu kemudian mesin di hidupkan otomatis kotoran yang mengendap akan tercampur dan akan mengakibatkan oli keluar melewati lubang amblas yang menuju box filter. Hal itu juga di sebabkan karena sirkulasi oli yang tercampur kotoran tersebut mengakibatkan jalur sirkulasi oli yang akan tidak lancar/sedikit tersumbat.
2• Ruang Amblas Kotor
Kemudian pada penyebab yang ke 2 bisa juga di sebabkan karena ruang amblas yang kotor, dimana hal ini juga bisa di sebabkan karena pecahan-pecahan garam pada mesin bercampur dengan oli pada saat mesin menyala. Namun mesin tidak akan menyala/di hidupkan terus menerus bukan ???
Nah, oleh sebab itu pada saat mesin tidak menyala/berhenti beroperasi pada saat itu juga kotoran yang berbentuk pecahan gram dan lain sebagainya mengendap pada bagian ruang amblas, dan untuk oli mesin naik ke filter udara. Penyebabnya tidak jauh dengan yang sudah di jelaskan di atas. Yaitu juga di sebabkan karena jalur sirkulasi oli yang akan tidak lancar/sedikit tersumbat karena endapan-endapan kotoran/gram tersebut.
3• Pompa Oli Rusak
Untuk penyebab yang ke 3 bisa di sebabkan oleh komponen pompa oli yang rusak/bermasalah. Seperti yang kita ketahui pompa oli bekerja untuk mensimulasikan oli dari mesin ke bagian depan mesin yaitu silinder head.
Maka dari itu jika pompa oli rusak otomatis sirkulasi oli tida dapat mengalir ke silinder head, sehingga pada saat mesin beroperasi oli mesin menggumpal di bagian mesin bawah dan yang seharusnya bersirkulasi ke jalur yang benar malah bersilkulasi ketempat yang salah yaitu ke ruang amblas, sehingga oli pun ke luar sampai ke box filter.
4• Saringan / Filter Oli Rusak/Terlalu Kotor
Nah, untuk penyebab yang ini dimana sama halnya dengan pada bagian pompa oli yang rusak. Oli mesin dapat mengalir ke box filter karena di sebabkan sirkulasi oli yang tida lancar,
Maka untuk yang ini motodrif tidak usah menjelaskannya kembali.
5• Kompresi Bocor
Pada penyebab yang terakhir pada masalah oli yang naik ke box filter juga bisa di sebabkan karena kompresi mesin yang bocor. Seperti yang kita ketahui juga bahwa pada penyebab kompresi bocor pada umumnya bisa di sebabkan oleh beberapa hal.
Seperti : piston & ring piston yang sudah aus, bos klep yang sudah aus dan lain-lain. Namun hal yang paling bisa menyebabkan oli dapat masuk ke box pilter ialah karena ke 3 komponen itu apalagi pada motor-motor matik bahwa piston & ring piston yang aus akan dapat memudahkan oli masuk keruang bakar kemudian di tambah lagi dengan bos klep yang ngoplak atau aus maka oli dan tekanan kompresi akan masuk ke bagian depan head.
sehingga oli pun akan mudah masuk ke lubang hawa atau amblas dan menuju box filter.
Nah sobat motodrif itulah ke 5 Penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara Selain Kelebihan Oli, semoga dengan adanya ulasan ini kalian tidak kebingungan dan bertanya-tanya lagi jika menemui masalah tersebut. Dan untuk sebelnya kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya.
"Salam Motodrif"
0 Response to "Penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara Selain Kelebihan Oli"
Post a Comment