Cara Papas Noken As [ Dengan Mudah Dan Benar ]
Cara Papas Noken As [ Dengan Mudah Dan Benar ]
![https://motodrif.blogspot.com/2019/12/cara-papas-noken-as-dengan-mudah-dan-benar.html](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKWAlP65vn0USc_m1k1ND09Edf6sp7bcpKfa9q3S39MSyBO2vpcx-B8taR786S8073j14N1sKoXCzoVSHA2MhkHHkXj2NBEiYFshandPzQMOe2YR9gX20h69E0c0zkg7-REFLi1z7Vsu8T/s640/IMG_20191214_110630.jpg)
Cara Papas Noken As - Hai sobat, seperti yang kita ketahui bahwa pada suatu mesin akan menghasilkan tenaga dan peforma yang luar biasa jika pada bagian Noken As / Kem memiliki desain dan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan mesin, baik itu dari segi LSA (Lobe Sparation Angel), LC (Lobe Center), Overlaving, dan Durasinya. Dalam kata lain jika semua bagian-bagian itu di rubah dengan baik & benar, niscaya hasilnya pun akan sesuai dengan yang kalian inginkan.
Maka dari itu untuk menghasilkan suatu tenaga dan peforma pada sebuah mesin tidak akan berguna atau akan sisa-sia jika kalian hanya mengandalkan desain bentuknya saja, baik itu yang memiliki bentuk fropil lobe yang sangat ekstrim maupun dengan memiliki durasi yang cukup lama dan overlaping yang banyak sekalipun.
Lantas bagaimana cara papas atau modifikasi Noken As /Kem yang benar dan mudah ???
Kunci utama untuk merubah sebuah Kem sebenarnya cukup simpel karena hanya dengan mengatur waktu kapan klep harus terbuka dan kapan klep harus tertutup rapat dengan mengikuti gerak piston.
Kemudian dengan menambahkan durasi yang cukup, dan memiliki overlaping yang sesuai serta menempatkan Lobe Center pada posisi yang tepat dan memberikan LSA dengan sesuai yang di butuhkan, maka kem racing yang kalian buat pun akan memberikan suatu kebanggaan.
Terus bagai mana cara menentukan /mengetahui kapan klep harus terbuka maupun tertutup ? Dan bagaimana cara mengetahui durasi dan overlaping yang dimiliki pada sebuah kem yang akan kita rubah ???
Seperti yang kita ketahui memang kebanyakan orang merasa kesulitan dalam cara menentukan atau menghitung semua itu, maka dari itu untuk memberi gambaran dan untuk memudahkan kalian silahkan simak ulasan selengkapnya di bawah ini :
Cara Menghitung Durasi Noken As / Kem
Pada umumnya atau lebih tepatnya untuk menghitung suatu durasi pada kem tersebut, dimana sudah di sepakati oleh semua desainer kem internasional bahwa di hitung dari mulai kerenggangan klep mencapai 0,050 mm sampai 0,01 mm atau jika menggunakan dengan alat dial gauge sekitar 1,27 mm.
Untuk memudahkan adapun contoh dan rumus yang bisa kalian pakai, di bawah ini :
Misal : Diketahui klep in membuka 33° sebelum TMA, dan menutup juga 33° sebelum TMA juga.
• Makauntuk menghitungnya = ((90-33)+90+33)= 180°.
Kemudian untuk menghitung durasi klep ex.
Misal : Diketahui klep ex membuka 44° setelah TMA, sedangkan menutup 33° setelah TMA juga.
• Maka untuk menghitungnya = ((90-44)+90+33)= 169°.
Kemudian untuk menghitung overlapnya dimana kita juga bisa memakai rumus di bawah ini :
• Durasi isap = (bukaan isap)+180+(tutupan isap).
Contoh : bukaan isap (33)+180+(33) tutupan isap = 246°.
• Durasi buang = (bukaan buang)+180+(tutupan buang).
Contoh : bukaan buang (44)+180+(33) = 257°.
• Maka total durasinya = ((246)+(257) : 2)= 373.5° overlap.
Nah sobat itulah rumus yang paling mudah untuk mengetahui durasi bukaan klep,dan overlavingnya. Jika semua itu sudah bisa di praktekan dan di pahami untuk membuat LSA dan penempatan LC nya pun akan sangat mudah di lakukan. Namun jika kalian masih bingung untuk pemahamannya silahkan kalian lihat pada rumus selengkapnya [ Di SINI ]
Rekomendasi :
• Fungsi Dan Cara Kerja Noken As Dengan Lengkap
• Oli Mesin Tidak Naik ??? Ini Nih [Penyebab & Solusinya]
• Penyebab Oli Mesin Naik Ke Filter Udara Selain Kelebihan Oli
Adapun yang harus kalian ketahui bahwa merubah noken as dengan frpopil dan bentuk pasti akan memiliki efek yang berbeda-beda pada sebuah mesin.
Misalkan:
•• Kem dengan memiliki Durasi tinggi dimana akan mempermudah dan menggeser rentang tenaga mesin lebih ke RPM atas, atau dalam kata lain ( untuk mencapai top speed mesin akan mudah mencapainya ). Sedangkan untuk
• Durasi rendah dimana hanya akan menambah tenaga mesin pada putaran bawah dan top speed akan susuai di capai. Kemudian
•• Kem dengan memiliki overlaping yang banyak dimana akan menambah sinyal ke karburator sehingga boros bahan bakar, dan rawan adanya dorongan balik. Sedangkan untuk
• Overlaping sedikit hanya akan membuat respon pada RPM bawah sehingga irit bahan bakar, namun rawan suhu mesin lebih panas.
Nah sobat itu penjelasan selengkapnya mengenai Cara Papas Noken As [ Dengan Mudah Dan Benar ] yang bisa saya sampaikan, dimana dengan adanya ulasan tersebut semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semua. Dan untuk kunjungannya saya ucapkan terimakasih.
"Salam Motodrif"
0 Response to "Cara Papas Noken As [ Dengan Mudah Dan Benar ]"
Post a Comment