[Mengenal Lebih Dalam] Fungsi Dan Cara Kerja Noken As Pada Motor

[Mengenal Lebih Dalam] Fungsi Dan Cara Kerja Noken As Pada Motor
https://motodrif.blogspot.com/2019/12/fungsi-dan-cara-kerja-noken-as_19.html
Fungsi Dan Cara Kerja Noken As - Ok bro langsung saja pada intinya. Noken As atau yang biasa kita sebut Kem pada motor 4 tak/4 langkah adalah komponen yang sangat penting karena selain untuk mengatur buka tutupnya klep, komponen ini juga sangat berpengaruh terhadap peforma mesin. Maka jangan heran jika sebagian mekanik bilang Kem ini adalah sebagai jantungnya mesin motor 4 langkah.

Kem pada dasarnya memiliki beberapa bagian yang sangat mempengaruhi terhadap laju dan kecepatan kendaraan dimana bagian-bagian tersebut, adalah sebagai berikut :

Bagian-bagian Pada Noken As

Kalo di lihat secara fisik ya bro kem memiliki 2 bagian, yaitu ; Lobe dan Journal. Dimana Lobe adalah bagian tonjolan pada kem yang berfungsi untuk menekan platuk klep supaya klep terbuka, sedangkan kan untuk Journal adalah bagian batang pada kem yang terhubung pada gigi sentrik dan klaher/bering.

Tapi,,,,,,,ada tapinya ni bro. Jika kalian ingin bermain dalam desain sebuah noken as/kem, ada bagian-bagian lain yang harus di perhatikan, dimana bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut :

1. Lift

Lift adalah bagian tinggi pada tonjolan/lobe yang berfungsi untuk mengukur seberapa tingginya klep terbuka penuh. Seberapa tingginya bukaan klep yang di hasilkan maka akan lebih baik jika lift ini si desain lebih tinggi untuk membantu menghasilkan suatu kerja mesin yang lebih maksimal.

2. Overlap

Overlap adalah bagian pada kem yang menentukan tinggi bukaan klep pada saat klep ex akan tertutup dan awal klep in akan terbuka, dalam kata lain overlap adalah waktu yang menunjukan klep terbuka bersamaan. Seberapa banyak overlaping pada mesin kalian maka akan menentukan suatu karakter mesin kendaraan.

3. Lobe Separation Anggel (LSA)

LSA pada sebuah noken as/kem adalah angka derajat jarak antara titik tengah pucuk bubungan lobe-in dan pucuk bubungan lobe-exhaust.
4. Durasi

Sesuai dengan namanya durasi ini adalah yang menunjukan waktu lama atau sebentar nya bukaan klep, baik itu pada klep in maupun klep ex. Seberapa banyak/lama terbukanya klep untuk menghasilkan suatu peforma yang menuju top speed, maka akan lebih baik jika durasi ini di desain lebih lama, dengan satu syarat harus dengan sesuai gerak piston.


Nah bor itukah bagian-bagian pada kem yang harus di perhatikan jika kalian ingin bermain-main dengan sebuah desain pada kem. Setalah itu semua di pahami kita lanjut pada bagian cara kerjanya, simak juga ulasan di bawah ini.

Cara Kerja Noken As

Awal mula pada saat mesin AKAN di hidupkan, poros engkol (kruk as ) akan berputar MEMUTARKAN KEM dengan cara melalui gigi sentrik kruk as dan rantai keteng, dan gigi senteik kem/noken as yang memang sudah terpasang secara utuh dan benar. Dimana dalam 2 kali putaran penuh kruk as = 1 kali putaran penuh KEM.

Dan untuk terjadinya bukaan klep, Lobe/ bagian tonjolan pada kem akan mendorong pelatuk klep, sehingga pelatuk klep akan menekan klep dengan memalui setelan klep yang memang juga terpasang secara utuh.
Kemudian utuk menghasilkan suatu proses isap, kompresi, usaha dan buang pada sebuah mesin, dimana kem juga akan bergerak/berputar melakukan langkah-langkah tersebut sesuai dengan desain dan bentuk pada kem nya itu sendiri. Untuk memperjelas kalian juga bisa simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Cara Kerja Noken As

Pada saat piston mulai bergerak dari TMA menuju TMB maka klep in akan terbuka dan langkah isap pun di mulai, dimana bahan bakar akan mengalir dengan sendirinya ke ruang bakar. Dan pada saat piston mulai bergerak dari TMB ke TMA langkah isap pun akan berakhir dan langkah kompresi pun akan di mulai ketika klep in mulai tertutup dan klep ex akan mulai terbuka.


Dan pada saat piston bergerak dari TMA Ke TMB klep ex pun akan semakin terbuka penuh dan menunjukan suatu langkah kerja di mulai. Dan untuk terjadinya suatu proses langkah buang maka piton akan bergerak dari TMB menuju TMA dalam keadaan menekan gas sisa pembakaran.

Nah bro, itulah penjelasan yang bisa ane sampaikan pada ulasan mengenai "[Mengenal Lebih Dalam] Fungsi Dan Cara Kerja Noken As Pada Motor" . Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah sedikit pengetahuan kita dan bisa bermanfaat untuk kalian semua. Dan untuk sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya 🙂🙂🙂.

"Salam Motodrif"

0 Response to "[Mengenal Lebih Dalam] Fungsi Dan Cara Kerja Noken As Pada Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel