Ternyata Ini,,Penyebab Motor Masuk Gigi Langsung Loncat !!!

Ternyata Ini,,Penyebab Motor Masuk Gigi Langsung Loncat !!!

https://motodrif.blogspot.com/2019/12/penyebab-motor-masuk-gigi-langsung-loncat.html

Ternyata Ini,,Penyebab Motor Masuk Gigi Langsung Loncat !!! -  Ngomongin soal gigi pada sepeda motor pasti tidak jauh dengan yang bersangkutan dengan transmisi, sedangkan transmisi adalah sekumpulan roda gigi yang berfungsi sebagai alat pemindah tenaga mesin ke roda belakang dengan cara melewati rantai dan gir (gir set) pada sepeda motor yang memang sudah terpasang secara utuh .

Ke transmisian akan terjadi bila di bantu dengan adanya komponen-komponen kopling, seperti ; rumah kopling, fiber kopling, rumah ganda, kampas ganda, stut kopling dan masih banyak komponen-komponen lainnya. Akan tetapi, seiring dengan kendaraan berjalan dan di pergunakan, karena dengan adanya faktor usia dan perawatan yang kurang membaik.

Sehingga komponen-komponen di atas tersebutpun dimana akan bisa mengalami kerusakan/Aus yang akan menyebabkan Motor Masuk Gigi Langsung Loncat. Dimana jika itu terjadi hal yang pertama kali harus di perhatikan adalah pada komponen-komponen sebagai berikut :

Komponen-komponennya

1. Stut Kopling

Stut kopling adalah yang berfungsi untuk untuk menekan atau menarik kopling pada saat tuas/handel kopling di tekan, sehingga pada saat gigi di masukan komponen kopling yang tertekan/tertarik akan mempermudah perpindahan transmisi dan sekaligus menahan sentakan/kejutan pada saat mesin di masukan gigi pertama (1).

Seperti yang kita ketahui jenis stut kopling ini dimana ada 2 macam, yaitu tadi ; ada yang sistem kerjanya menekan dan ada juga yang menarik berdasarkan dari jenis kendaraan sepeda motor tersebut. Jika motor masuk gigi langsung loncat, maka penyebabnya pertama bisa karena stut kopling yang kurang nekan/narik, sehingga kopling pung akan kurang pere pada saat tuas/handel di tekan dan pada saat perseneling di tekan.

2. Fiber/Kampas Kopling

Fiber/Kampas Kopling adalah bagian Part yang terletak di antara rumah kopling kaki 4 dan lawannya, dimana untuk pemasangannya di seling/silang dengan Plat kopling. Fiber kopling ini yang berfungsi untuk mencekam/mencegah terjadinya selip pada kopling dimana memang keadaanya yang sudah tertekan oleh per kopling.

Maka jiga fiber kopling ini aus otomatis motor akan tidak bertenaga (selip) dan akan menyebabkan moto masuk gigi langsung loncat pada umumnya.

3. Mangkok Ganda

Penyebab selanjut nya  pada masalah tersebut dimana bisa karena mangkok ganda yang sudah terlalu aus, untuk pada bagian ini bisa juga di sebabkan karena bukan hanya pada bagian mangkok gandanya saja melainkan juga pada bagian sepatu koplingnya (clutch shoe).

Mangkok ganda adalah yang berfungsi untuk meneruskan tenaga/putaran mesin menuju transmisi dengan melewati gigi pada bagian rumah kopling dan mangkok kopling. Maka jika komponen ini mengalami ke Ausan akan menyebabkan masalah tersebut juga dan bahkan pada motor di bawa nanjak akan tersendat-sendat/loncat-loncat.

4. Gigi perseneling

Sedangkan untuk yang terakhir pada masalah motor masuk gigi langsung loncat bisa karena memang gigi persneling nya ropal atau sompel, kejadian ini pun bisa karena cara pemakaian yang cukup kasar pada saat menginjak tuas perseneling/ pada saat melakukan perpindahan gigi. Maka untuk pada bagian ini tidak perlu di heran kan lagi jika masalah tersebut di alami.

Untuk Cara Mengatasinya

• Untuk pada bagian stut kopling dan fiber kopling untuk mengetahuinya : dimana kita bisa melakukan penyetelan ulang terlebih dahulu, yang dimana setelan tersebut jika pada motor Honda persis terletak pada bagian bak kopling, sedangkan untuk pada motor Yamaha berada pada bagian bak magnet sebelah kiri. Sedangkan

• Untuk bagian mangkok ganda dimana bisa dilakukan menambahkan daging lagi/ di bikin tebal lagi dengan cara di las dan di bubut kembali di tukang bubut. Namun jika ingin menggantinya dimana sebaiknya memakai part yang Orisinil.

Jika tidak pada mesin dihidupkan bunyi berisik akan muncul, karena biasanya jika memakai produk yang embel-embel gigi yang terletak pada mangkok ganda tidak pas dengan gigi yang ada pada bagian manggkok kopling (tida serasi).

• Sedangkan untuk bagian gigi perseneling jika mengalami kerusakan sebaiknya langsung melakukan pergantian/pembongkaran, jika tida pada saat kendaraan di pakai terus menerus akan bisa menyebabkan kemacetan pada mesin.

Nah bro, cukup sampai di sini pembahasan kali ini mengenai "Ternyata Ini,,Penyebab Motor Masuk Gigi Langsung Loncat !!!" Semoga bisa bermanfaat dan untuk sebelumnya ane ucapkan terimakasih atas kunjungannya.🙂🙂🙂

"Salam Motodrif"

0 Response to "Ternyata Ini,,Penyebab Motor Masuk Gigi Langsung Loncat !!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel